Skematik Rangkaian Tester Motor Servo

Skematik rangkaian tester motor servo pada artikel kali ini hampir sama fungsinya dengan driver motor servo pada umumya. Perbedaannya terletak pada kerumitan rangkaian, pada kali ini rangkaianya lebih sederhana yang difungsikan untuk mencoba menggerakan servo searah jarum jam (CW) maupun berlawanan jarum jam (CCW) saja. Dapat dikatakan kondisinya baik apabila sebuah motor servo itu dapat bergerak dari range minimum derajat ke… Read More »

Skematik Rangkaian Amplifier Sederhana LM386

Penjelasan Singkat Hari ini, saya akan berbagi tentang bagaimana membuat penguat audio tegangan rendah.Untuk proyek ini, saya menggunakan LM 386 Audio Amplifier, yang biasa digunakan di kalangan penghobi elektronik. Beberapa kelebihan menggunakan LM 386 Audio Amplifier yaitu sumber tegangannya dapat digunakan baterai kancing 9V dan sudah bisa menikmati musik daridari berbagai perangkat seperti ponsel, laptop, atau MP3 player. Selain… Read More »

Skematik Rangkaian VU Meter

Penjelasan Singkat Rangkaian VU meter merupakan rangkaian yang banyak digunakan sebagai indikator kekuatan sinyal akan output sebuah audio. Rangkaian yang akan dibahas ini dapat digunakan untuk menggantikan rangkaian VU Meter analog yang banyak diaplikasikan pada rangkaian amplifier. Sehingga tingkat akan kekuatan audio dapat diketahui segera, dengan setingan parameter yang telah ditentukan. Yang akan ditampilkan pada rangkaian ini yaitu… Read More »