Tutorial Arduino mengakses module sensor warna TCS230

Penjelasan Singkat TCS230 adalah module sensor warna atau juga disebut dengan Programmable Converter ‘Color Light’ yang dikonversi menjadi Frekuensi yang dibaca oleh mikrokontroler (Arduino). Sensor ini merupakan penggabungan dari Silicon Photodiode dan IC CMOS single monolithic yang berfungsi sebagai pengkonversi arus menjadi frekuensi. Cara kerja sensor Output dari sensor ini yaitu berupa sinyal gelombang persegi dengan modulasi 50%… Read More »

Tutorial Arduino mengakses sensor DS18B20

Penjelasan Singkat Sensor DS18B20 merupakan sensor digital yang memiliki 12-bit ADC internal. Pembacaan data sensor ini sangat presisi, dikarenakan dapat mensensing perubahan terkecil sebesar 5/(212-1) = 0.0012 Volt/°C. Pada rentang suhu -10 sampai +85 derajat Celcius, sensor ini memiliki akurasi +/-0.5 derajat. Sensor ini bekerja menggunakan protokol komunikasi 1-wire (one-wire). sensor ds18b20  Pada sensor ini dapat dipasang secara paralel… Read More »

Tutorial Arduino Mengakses Sensor Hujan

Penjelasan Singkat Sensor hujan adalah sensor yang difungsikan untuk mendeteksi ada tidaknya kondisi rintik hujan, yang dimana dapat dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi mulai dari yang sederhana hingga aplikasi yang kompleks. Di pasaran sensor ini dijual dalam bentuk module sehingga hanya perlu menyediakan kabel jumper untuk dihubungkan ke Arduino. Prinsip kerja dari modul ini adalah dimana pada saat air… Read More »