Tutorial Arduino akses LCD dengan modul i2c PCF8574

By | January 24, 2017

Pengertian

I2C (Inter Integrated Circuit) adalah standar komunikasi serial dua arah menggunakan dua saluran yang didisain khusus untuk mengirim maupun menerima data. Sistem ini terdiri atas saluran SCL (Serial Clock) dan SDA (Serial Data) yang membawa informasi data antara ini dengan pengontrolnya. Piranti yang dihubungkan dengan sistem dapat dioperasikan sebagai Master dan Slave. Master adalah piranti yang memulai transfer data pada I2C Bus dengan membentuk sinyal Start, mengakhiri transfer data dengan membentuk sinyalStop, dan membangkitkan sinyal clock. Slave adalah piranti yang dialamati master. Pada artikel ini dibahas penggunaan modul i2c PCF8574.

Cara Kerja

Sinyal Start merupakan sinyal untuk memulai semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “1” menjadi “0” pada saat SCL “1”. Sinyal Stop merupakan sinyal untuk mengakhiri semua perintah, didefinisikan sebagai perubahan tegangan SDA dari “0” menjadi “1” pada saat SCL “1”. Kondisi sinyal Start dan sinyal Stop seperti tampak pada Gambar 1.

Sinyal dasar yang lain dalam I2C Bus adalah sinyal acknowledge yang disimbolkan dengan ACK Setelah transfer data oleh master berhasil diterima slave, slave akan menjawabnya dengan mengirim sinyal acknowledge, yaitu dengan membuat SDA menjadi “0” selama siklus clock ke 9. Ini menunjukkan bahwa Slave telah menerima 8 bit data dari Master. Kondisi sinyalacknowledge seperti tampak pada Gambar 2.

Dalam melakukan transfer data pada I2C Bus, kita harus mengikuti tata cara yang telah ditetapkan yaitu:

  • Transfer data hanya dapat dilakukan ketikan Bus tidak dalam keadaan sibuk.
  • Selama proses transfer data, keadaan data pada SDA harus stabil selama SCL dalam keadan tinggi. Keadaan perubahan “1” atau “0” pada SDA hanya dapat dilakukan selama SCL dalam keadaan rendah. Jika terjadi perubahan keadaan SDA pada saat SCL dalam keadaan tinggi, maka perubahan itu dianggap sebagai sinyal Start atau sinyal Stop. Lihat gambar 3.

Tutorial Pertama

Sesuai dengan judul untuk melanjutkan tutorial sebelumnya yaitu tutorial mengakses LCD, menggunakan i2c ic PCF8574. PCF8574 merupakan silikon CMOS sirkut. Fungsinya yaitu bertujuan untuk me-remote I/O (8bit) pada kebanyakan pengendali mikrokontroler melalui dua jalur dua arah bus (I2C-bus).

Fitur PCF8574

  • Tegangan beroperasi antara 2-5 Vdc
  • Pada saat kondisi standby konsumsi arus hanya 10 uA
  • Kompatibel dengan semua jenis mikrokontroler
  • Kendali 8 bit menggunakan antarmuka i2c
  • Open-drain interrupt output

Pada pasaran sudah banyak dijumpai ic ini dikemas ke dalam modul LCD i2c, seperti gambar dibawah ini.

Modul i2c ic pcf8574

Tutorial 1

Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain :

simulasi-proteus

Skema yang perlu dirangkaikan

Dikarenakan pada software IDE Arduino tidak ada library bawaan untuk mengakses modul ini, maka diperlukan library dari penyedia pihak ke-3. Gunakan Library Manager pada Arduino IDE dan ketikkan kata kunci “PCF8574” pada filter your search serta install “LiquidCrystal_pcf8574”.

manager-libraries

Install libraries PCF8574

Baca juga :  Tutorial Arduino untuk mencari alamat I2C device

File program diatas merupakan contoh sederhana dari libraries PCF8574.

Gambar hasil serial monitor

Contoh video tutorial program diatas

>> CMIIW <<

4 thoughts on “Tutorial Arduino akses LCD dengan modul i2c PCF8574

  1. Hais

    im trying to do this in proteus ….
    lcd not working …
    virtual terminal message
    LCD…
    Dose: check for LCD
    Error: 2: LCD not found.

    do you have the proteus project file for me to see what im doing wrong

    Thanks

    Hais

    Reply
  2. Naufal

    cara mengatur kecepatan scrolldisplay teks nya gimana ya?? supaya tidak lama saat running text

    Reply

Leave a Reply