Tutorial Arduino mengakses Motor servo

By | February 25, 2017

Penjelasan Singkat

Motor servo merupakan sebuah motor yang memiliki sistem umpan balik yang menunjukkan posisi putaran motor yang akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol dalam hal ini Arduino. Pada dasarnya motor servo banyak digunakan sebagai aktuator yang membutuhkan posisi putaran motor yang presisi. Apabila pada motor DC biasa hanya dapat dikendalikan kecepatannya serta arah putaran, lain halnya pada motor servo yaitu penambahan besaran parameter yang dapat dikendalikan berdasarkan sudut/derajat.

Motor ini terdiri dari sebuah motor DC, serangkaian susunan gear, potensiometer dan rangkaian kontrol. Fungsi dari komponen potensiometer yaitu untuk menentukan batas sudut dari putaran servo. Sedangkan besarnya sudut dari sumbu motor servo akan dikendalikan berdasarkan lebar pulsa yang dikirim melalui sinyal dari kabel motor. Sinyal tersebut berbentuk PWM (Pulse Width Modulator).

Macam tipe – tipe dari motor servo ini ada 2 yaitu tipe standard dan tipe Continous. Tipe standar hanya mampu berputar sebesar 180° yang sering dipakai pada sistim robotika seperti pada Robot Lengan (Arm Robot). Sedangkan untuk tipe continuous mempunyai kemampuan dapat berputar sebesar 360° dan sering dipakai untuk mobile robot. Pada body servo terdapat informasi akan tipe servo yang bersangkutan. Motor servo secara standar memiliki 3 buah kabel yaitu, power, ground dan signal.

Tutorial

Pada tutorial kali ini akan dicontohkan eksperimen dengan motor servo jenis mikro yang banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Motor servo ini disebut micro servo dikarenakan ukurannya yang kecil dan memutuhkan tegangan atau arus yang kecil pula. Spesifikasinya kurang lebih sebagai berikut :

  • tegangan kerja : 4,8 – 6 Vdc
  • torsi : 1,6 kg/cm
  • arus : < 500 mA
  • dimensi : 22 x 12,5 x 29,5 cm
  • berat : 9 gr
  • kecepatan putaran: 0,12 detik/60 derajat

Micro Servo

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk tutorial ini antara lain :

Keterangan :

  • Warna merah servo, dihubungkan ke pin 5V Arduino
  • Warna hitam/coklat servo, dihubungkan ke pin Gnd Arduino
  • Warna orange servo (kabel data/perintah), dihubungkan ke pin 9 Arduino (dapat digunakan pin lainnya)

Library yang digunakan yaitu Link Download

Peletakan Library pada OS :
1. Mac : (home directory)/Documents/Arduino/libraries
2. PC (Windows) : My Documents -> Arduino -> libraries
3. Linux : (home directory)/sketchbook/libraries

Contoh kode pemrograman sederhana

Keterangan program :

Untuk progam di atas, sudut putaran yang dapat dituju maksimal yaitu 180°. Sehingga menjadi batasan range posisi derajat yang dapat digunakan yaitu 0 – 180°. Dengan menggunakan motor servo ini sudah tidak berbicara lagi mengenai putar searah (Clock Wise) atau berlawanan arah jarum jam (Clock Counter Wise) tapi sudut 0, 45, 90 dan seterusnya sampai dengan 180.

Apabila ingin mendapatkan posisi 90° dan bergerak berlawanan arah jarum jam maka dituliskan perintah myservo.write (90); setelah itu dituliskan myservo.write (0);. Akan tetapi jika ingin mendapatkan posisi 90° dan serarah jarum jam maka dituliskan perintah myservo.write (90); setelah itu dituliskan perintah myservo.write (180);. Jadi posisi 0 s.d 180 sudah ditentukan oleh kontroller internal motor servo, dan cukup dengan memberikan perintah pada sudut mana motor akan berputar melalui perintah myservo.write (derajat)

>> CMIIW <<

6 thoughts on “Tutorial Arduino mengakses Motor servo

    1. nurhidayat

      Gan saya mau nanya saya buat program timbangan dengan load cell dan saya gabung dengan motor servo
      Saat saya coba program load cell berjalan normal ,kemudian saya tambah program motor servo 3 sudut program berjalan namun nilai timbangan jadi lemot, padahal sebelum lancar aja .mohon bantuannya

      Reply
      1. Ratna Pratiwi Post author

        coba cek di void loop() nya

        kemungkinan ada sesuatu yang salah,

        saran saya coba cek satu persatu dengan program perulangan “while()”

        Reply

Leave a Reply