no fucking license
Bookmark

Jadwal Rekrutmen CASN dan PPPK 2023: Peluang Karir Menanti!

 

rekrutmen CASN 2023
Rekrutmen CASN 2023

Hai, teman-teman pencari kerja di Indonesia! Kabar baik datang menghampiri dengan surat penting dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dikeluarkan pada tanggal 21 Agustus 2023 dengan nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023. Isinya? Penyesuaian jadwal seleksi CASN Tahun 2023. Siap-siap, momen berharga ini bakal datang dalam waktu dekat, tepatnya pada tanggal 17 September 2023!

Beneran nih, kabar ini bukan kabar bohong atau settingan. Menpan RB, alias Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, alias Azwar Anas, berbicara bahwa misi mereka adalah menguatkan sektor pendidikan dan kesehatan, sambil mencari sosok-sosok keren di bidang digital. Total formasi yang dibuka kali ini nggak main-main, mencapai angka fantastis, 1.030.751 formasi. Tapi, tetap diinget ya, walau semangatnya padu banget, formasi untuk CASN 2023 ini cuma tersedia dalam jumlah yang terbatas, dan juga hanya buat beberapa jabatan tertentu aja.

Eits, tapi jangan khawatir, para pencari kerja! Menpan RB nggak cuma ngasih angka kosong aja, mereka juga ceritain kalau formasi-formasi ini disebarkan ke sektor-sektor yang berperan penting. Yang jadi pusat perhatian adalah sektor pendidikan, kesehatan, kejaksaan, kehakiman, intelijen, dosen hebat, dan talenta-talenta di dunia digital. Biar bisa ikut ambil bagian dalam seleksi CASN 2023 dan PPPK 2023, satu-satunya tiket masuk adalah punya akun SSCASN 2023, yang bisa didaftarin lewat link sscasn.bkn.go.id 2023. Ini persyaratan wajib, tanpa kecuali, buat kamu yang ingin bergabung dalam seleksi ini.

Tapi, jangan sampe lupa juga ya, formasi-formasi CASN 2023 kali ini meliputi beberapa sektor, seperti sektor dosen yang pinter, tenaga teknis yang oke, guru-guru inspiratif, tenaga kesehatan yang andal, dan juga tenaga teknis lainnya. Meskipun demikian, ada peluang munculnya penundaan pendaftaran CASN 2023 yang berhubungan dengan pemilu 2024. Nah, ini yang bikin para pencari kerja jadi penasaran dan agak khawatir. Tapi tenang aja, Azwar Anas selaku Menpan RB udah ngejelasin bahwa mereka bakal tetap jalankan proses seleksi CASN sesuai rencana, jadi nggak usah gundah gulana!

Situasi kayak gini, tentunya bikin hati kita deg-degan nunggu kabar resmi tentang rekrutmen CASN 2023 dan PPPK 2023 ini. Di tengah-tengah cari-cari peluang karir, kemungkinan adanya penundaan bikin kita jadi penasaran dan agak cemas. Makanya, buat kalian yang lagi nunggu momen bersejarah ini, pastikan terus ikuti info terbaru dari sumber yang berwenang dan siap-siap aja dengan baik. Waktunya berkilauan dan nggak boleh dilewatkan sia-sia! Persiapkan akun SSCASN kalian dan siap-siap gabung dengan keluarga besar ASN di Indonesia mulai tanggal 17 September 2023!

Jadwal Rekrutmen CASN 2023: Ayo Catat!

Nah, biar kalian nggak kelupaan, berikut jadwal resmi rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 yang udah ditetapkan:

  • Pengumuman Seleksi CASN: 16 hingga 30 September 2023
  • Pendaftaran Seleksi CASN: 17 September hingga 6 Oktober 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 17 September hingga 9 Oktober 2023
  • Seleksi Administrasi: 17 September hingga 9 Oktober 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 10 hingga 13 Oktober 2023
  • Masa Sanggah: 14 hingga 16 Oktober 2023
  • Jawab Sanggah: 14 hingga 18 Oktober 2023
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 17 hingga 23 Oktober 2023
  • Penarikan Data Final: 24 hingga 26 Oktober 2023
  • Penjadwalan SKD CASN: 27 hingga 30 Oktober 2023
  • Pengumuman Daftar Peserta SKD CASN: 31 Oktober hingga 3 November 2023
  • Pelaksanaan SKD CASN: 4 hingga 13 November 2023
  • Pengolahan Nilai SKD CASN: 11 hingga 14 November 2023
  • Pengumuman Hasil SKD CASN: 15 hingga 17 November 2023
  • Masa Sanggah: 18 hingga 20 November 2023
  • Jawab Sanggah: 18 hingga 22 November 2023
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 22 hingga 27 November 2023
  • Pelaksanaan SKB CASN Non CAT: 28 November hingga 17 Desember 2023
  • Pemetaan Lokasi SKB CASN dengan CAT: 28 hingga 30 November 2023
  • Pemilihan Lokasi SKB CASN dengan CAT oleh Peserta: 1 hingga 3 Desember 2023
  • Penarikan Data Final: 4 hingga 5 Desember 2023
  • Penjadwalan SKB CASN dengan CAT: 6 hingga 7 Desember 2023
  • Pengumuman Daftar Peserta SKB CASN dengan CAT: 8 hingga 10 Desember 2023
  • Pelaksanaan SKB CASN dengan CAT: 11 hingga 17 Desember 2023
  • Integrasi Nilai SKD dan SKB: 18 hingga 30 Desember 2023
  • Pengumuman Kelulusan: 31 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024
  • Masa Sanggah: 8 hingga 10 Januari 2024
  • Jawab Sanggah: 8 hingga 14 Januari 2024
  • Pengumuman Kelulusan Pasca Sanggah: 11 hingga 17 Januari 2024
  • Pengisian DRH NIP CASN: 18 Januari hingga 16 Februari 2024
  • Usul Penetapan NIP CASN: 17 Februari hingga 17 Maret 2024

Jadwal Rekrutmen PPPK 2023: Siap-Siap Ikutan!

Nggak cuma CASN, rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga punya jadwal seru-sendu nih:

  • Pengumuman Seleksi PPPK: 16 hingga 30 September 2023
  • Pendaftaran Seleksi PPPK: 17 September hingga 6 Oktober 2023
  • Seleksi Administrasi PPPK: 17 September hingga 9 Oktober 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi PPPK: 10 hingga 13 Oktober 2023
  • Masa Sanggah PPPK: 14 hingga 16 Oktober 2023
  • Jawab Sanggah PPPK: 14 hingga 18 Oktober 2023
  • Pengumuman Pasca Sanggah PPPK: 17 hingga 23 Oktober 2023
  • Penarikan Data Final PPPK: 24 hingga 26 Oktober 2023
  • Penjadwalan Seleksi Kompetensi PPPK: 27 hingga 30 Oktober 2023
  • Pengumuman Daftar Peserta Seleksi Kompetensi PPPK: 31 Oktober hingga 3 November 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK: 5 hingga 29 November 2023
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan PPPK: 10 November hingga 1 Desember 2023
  • Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi PPPK: 25 November hingga 4 Desember 2023
  • Pengumuman Kelulusan PPPK: 1 hingga 10 Desember 2023
  • Pengisian DRH NI PPPK: 11 Desember 2023 hingga 9 Januari 2024
  • Usul Penetapan NI PPPK: 10 Januari hingga 8 Februari 2024

Yuk, mari catat dengan seksama! Jadwal ini penting banget buat kamu yang ingin ikutan seleksi CASN dan PPPK 2023. Kalau nggak mau ketinggalan, pastikan selalu cek info resmi yang terbaru, ya!

Panduan Membuat Akun di SSCASN: Nggak Boleh Ketinggalan!

Kamu ingin mendaftar dan ambil bagian dalam seleksi CASN dan PPPK 2023? Berikut langkah-langkah untuk bikin akun di SSCASN:

  1. Buka link sscasn.bkn.go.id. Gak susah kan?
  2. Klik "Buat Akun". Bakal muncul "Langkah 1: Pengecekan Identitas". Isi data dengan lengkap sesuai KTP kamu.
  3. Lanjut, masukkan Nomor Handphone dan Email yang masih aktif.
  4. Nggak lupa, isi juga kode CAPTCHA yang ada.
  5. Setelah semua data terisi, klik "Lanjutkan".
  6. Muncul "Langkah 2: Lengkapi Data". Di sini, isi informasi seperti Nama Tanpa Gelar (sesuai Ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), dan lainnya.
  7. Upload scan KTP dan swafoto sesuai persyaratan. Jangan lupa di cek lagi ya, udah bener belum?
  8. Setelah itu, "Langkah 3: Pengecekan Ulang Data" bakal muncul. Cek lagi deh data-datanya udah bener semua.
  9. Kalau udah, cetak Kartu Informasi Akun.
  10. Terakhir, login pakai akun yang udah kamu bikin tadi.

Nah, gitu nih langkah-langkahnya. Jadi, buat kamu yang pengen ambil bagian dalam rekrutmen ini, pastikan kamu ikuti panduannya dengan seksama!

Tanya Jawab seputar CASN dan PPPK

Q: Apa itu CASN dan PPPK?

A: CASN adalah singkatan dari Calon Aparatur Sipil Negara, sedangkan PPPK adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Kedua rekrutmen ini adalah kesempatan buat kamu bergabung dengan pemerintah dalam berbagai bidang.

Q: Apakah seleksi ini terbuka untuk semua?

A: Seleksi CASN dan PPPK terbuka untuk Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh instansi berwenang.

Q: Bagaimana cara mempersiapkan diri dengan baik?

A: Pertama, pastikan kamu paham persyaratan dan jadwal seleksi. Kedua, pelajari materi yang akan diujikan. Ketiga, ikuti panduan pendaftaran dengan cermat.

Q: Bagaimana saya bisa memantau informasi terbaru?

A: Kamu bisa terus mengikuti pengumuman resmi dari sumber yang berwenang, seperti website Kemenpan RB atau sscasn.bkn.go.id.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika terjadi perubahan jadwal?

A: Pastikan selalu cek informasi resmi untuk mendapatkan update terbaru tentang perubahan jadwal atau informasi penting lainnya.

 

2 comments

2 comments

Ngarep (basa Jawa) yang artinya berharap. Ngarep.net mencoba membagikan gagasan mengarahkan prioritas kebutuhan di atas keinginan. Jika ada tanggapan, silakan kirim komentar. Terima kasih atas kunjungan anda. Saya doakan yang mengunjungi dan atau komen, kalau muslim semoga naik haji, kaya raya, dan masuk surga. Aamiin
  • Anonymous
    Anonymous
    August 30, 2023 at 1:19 PM
    Terima kasih infonya www.batmanteacher.com
    • Anonymous
      Naila RR
      September 16, 2023 at 5:45 PM
      THANKS
    Reply