no fucking license
Bookmark

Pengumuman Seleksi CPNS 2023 Mahkamah Agung RI: Persyaratan, Pendaftaran, dan Informasi Terkini

 Pengumuman Seleksi CPNS 2023 Mahkamah Agung RI

Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan hormat mengumumkan pelaksanaan seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Tahun Anggaran 2023. Seleksi ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 544 Tahun 2023 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Pusat Tahun Anggaran 2023. 

UNIT KERJA YANG MENDAPATKAN PENETAPAN KEBUTUHAN

Penetapan Kebutuhan CPNS di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia sejumlah 1669 (seribu enam ratus enam puluh sembilan) dengan rincian sebagaimana tercantum dalam Lampiran I. 

JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN JUMLAH PENETAPAN KEBUTUHAN

NO

JABATAN

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

JUMLAH

1

Ahli Pertama - Pranata Peradilan

S-1 Hukum / S-1 Ilmu Hukum / S-1 Hukum Islam / S-1 Syari’ah (Ahwal Syakhsiyah/Jinayah/Siyasah Syari’ah/Muamalah)

25

2

Klerek - Analis Perkara

S-1 Hukum Bisnis / S-1 Hukum Dan Kewarganegaraan / S-1 Hukum Islam Konsentrasi Studi Politik Dan Pemerintahan / S-1 Hukum Kebijakan Publik / S-1 Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah) / S-1 Hukum Keperdataan / S-1 Hukum Otonomi Daerah / S-1 Hukum Pidana Ekonomi / S-1 Hukum Syari’ah / S-1 Muamalat Jinayat

1644

JUMLAH TOTAL: 1669

 

KRITERIA PELAMAR

A. Penetapan Kebutuhan Umum

Pelamar lulusan Perguruan Tinggi yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan sebagaimana dalam pengumuman ini.

B. Penetapan Kebutuhan Khusus terdiri dari:

  1. Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat "Dengan Pujian"/ Cumlaude: a. Pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat "Dengan Pujian"/ Cumlaude dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul serta Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan, dibuktikan dengan keterangan lulus "Dengan Pujian"/ Cumlaude pada ijazah atau transkrip nilai. b. Pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri, dapat melamar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara “Dengan Pujian”/ Cumlaude dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau Kementerian Agama.
  2. Penyandang Disabilitas: Pelamar yang dibuktikan dengan: a. surat keterangan dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan b. video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas secara mandiri sesuai Jabatan yang dilamar.
  3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat: Pelamar yang merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan bapak dan/atau ibu asli Papua/Papua Barat, dibuktikan dengan: a. akta kelahiran atau surat keterangan lahir; dan b. surat keterangan dari Kepala Desa atau Kepala Suku.

 

PERSYARATAN

Untuk menjadi pelamar, Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan paling tinggi 35 (tiga puluh lima) tahun pada saat melamar.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam aktivitas politik praktis.
  7. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus serikat pekerja atau serikat buruh, atau terlibat dalam organisasi yang memiliki kepentingan politik.
  8. Tidak menjadi anggota atau pengurus ormas atau terlibat dalam organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  9. Tidak menjadi pengguna narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya, serta tidak menjadi pecandu atau penyalahguna narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya.
  10. Tidak pernah melakukan tindakan asusila atau perbuatan yang dinyatakan oleh pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap sebagai pelaku asusila.
  11. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai peserta atau siswa dari dinas pendidikan atau perguruan tinggi.
  12. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus organisasi terlarang atau terlibat dalam organisasi terlarang.
  13. Tidak memiliki utang yang masih harus dilunasi kepada negara.

 

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Pelamar harus membaca dengan teliti Panduan Pendaftaran yang dapat diunduh pada laman https://sscasn.bkn.go.id.
  3. Pelamar wajib memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang masih berlaku.
  4. Pendaftaran dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera pada laman https://sscasn.bkn.go.id.
  5. Biaya pendaftaran tidak dipungut.

 

WAKTU PENDAFTARAN

Pendaftaran akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, mulai tanggal 18 September 2023 pukul 00:00 WIB hingga tanggal 24 September 2023 pukul 23:59 WIB.

 

KETERANGAN LAIN

  1. Seleksi CPNS ini tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan jasa pihak ketiga.
  2. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi akan diangkat sebagai CPNS dan menjalani pendidikan CPNS.
  3. Keputusan Panitia Seleksi CPNS Mahkamah Agung RI bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  4. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus, wajib menjalani pendidikan dan pelatihan dasar CPNS yang akan dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Kepaniteraan Mahkamah Agung RI.

 

PENUTUP

Demikian pengumuman ini disampaikan, untuk menjadi perhatian seluruh warga negara yang memenuhi persyaratan dan berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Pelamar dihimbau untuk selalu memantau situs web resmi Mahkamah Agung RI (www.mahkamahagung.go.id) dan situs resmi Badan Kepegawaian Negara (www.bkn.go.id) untuk mendapatkan informasi dan pengumuman terkini seputar seleksi ini.


Catatan: Informasi yang tercantum dalam pengumuman ini bersifat umum dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk selalu memeriksa situs web resmi Mahkamah Agung RI (www.mahkamahagung.go.id) dan situs resmi Badan Kepegawaian Negara (www.bkn.go.id) untuk mendapatkan informasi yang paling akurat dan terkini seputar seleksi CPNS ini.

Linknya dapat diuduh di SINI.

Post a Comment

Post a Comment

Ngarep (basa Jawa) yang artinya berharap. Ngarep.net mencoba membagikan gagasan mengarahkan prioritas kebutuhan di atas keinginan. Jika ada tanggapan, silakan kirim komentar. Terima kasih atas kunjungan anda. Saya doakan yang mengunjungi dan atau komen, kalau muslim semoga naik haji, kaya raya, dan masuk surga. Aamiin